Daftar
isi merupakan merupakan bagian pelengkap pendahuluan dalam penulisan sebuah
karya tulis ilmiah seperti makalah, laporan penelitian, skripsi dan lain-lain.
Dalam pembuatannya kita sering direpotkan karena harus mencocokkan halaman dari
tema-tema atau bagian-bagian dan sub-subbagian dengan penomoran halaman yang
terdapat pada daftar isi. Terkadang kita harus mengedit kembali jika terjadi
perubahan pada halaman-halaman yang berisi subbagian.
Beruntungnya
kita yang hidup ditengah perkembangan teknologi yang begitu pesat seperti
sekarang ini. Hal itu tidak lah lagi menjadi persoalan besar lagi. Microsoft
Office dengan program Microsoft Wordnya memberikan kemudahan bagi kita dalam
pengolahan Daftar Isi tersebut. Daftar Isi yang akan tercetak secara otomatis
dan teratur sesuai dengan halaman-halaman bagian yang ada. Nah bagaimana cara
menggunakannya ??.
Simak
langkah-langkah berikut ini
1.
Buatlah
Bagian pada karya tulis dengan menggunakan Heading1 dan subBagian dengan
Heading2, dan bagian dari subbagian dengan Heading3 dan seterusnya. Misalnya
BAB I PENDAHULUAN dengan menggunakan Heading1,
A.
LATAR
BELAKANG dengan menggunakan Heading2.
Jika
LATAR BELAKANG memiliki bagian-bagian lagi maka pakailah Heading3. Namun dalam
biasanya tidak.
B.
RUMUSAN
MASALAH dengan Heading2. Dan seterusnya.
*catatan : gunakan untuk setiap bagian
dan subbagian dari karya tulis anda.
2.
Jika tulisan pada Heading1,2 dan 3 tidak sesuai
dengan yang kita inginkan. Kita dapat merubahnya dengan mengklik kanan pada
Heading1,2 atau 3 >> Pilih Modify…>> aturlah jenis, ukuran, warna,
perataan huruf sesuai yang anda inginkan.
3.
Setelah
setiap bagian dan subbagian telah menggunakan Heading 1,2 ataupun 3 maka
langkah selanjutnya adalah mengklik References >> Klik Table of Contents
>> Pilih Insert Table of Contents
4.
Klik
Update Table dan Pilih Update page numbers only untuk mengubah jika terjadi
perubahan pada halaman dari bagian atau subbagian. Dan Pilih Update entire table
untuk mengubah judul bagian dan halaman dari judul bagian.
Sebenarnya cara
ini digunakan untuk membuat daftar tabel otomatis namun tidaklah salah jika
kita membuat daftar isi menggunakan cara tersebut. Untuk cara membuat daftar
akan saya bahas di posting selanjutnya.. OK Selamat Mencoba..
0 comments:
Post a Comment
Komen anda adalah motivasi buat saya