Pages

Saturday 16 November 2013

Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri


Percaya diri adalah kondisi dimana kita merasa mampu melakukan sesuatu dengan mempercayai apa yang ada pada diri kita. Dengan percaya diri kita berani melakukan apa saja tanpa khawatir atau takut akan gagal. Namun seberapa besarkah rasa percaya diri yang kita miliki ?Bagi orang yang kurang percaya diri terkadang banyak hal yang kita ingin lakukan atau utarakan di pendam begitu saja tampa kita expose keluar. Misalnya saja ketika kita berbusana hal yang kita pikirkan adalah apa yang nanti orang katakana bukan apa yang ingin kita pakai sehingga waktu kita habis untuk memikirkan hal-hal tersebut. setelah memakainya pun seperti itu kita berjalan seakan orang memperhatikan kita dan mengejek apa yang sedang kita pakai. Dan masih
banyak lagi hal-hal lain yang berkaitan dengan ketidak percayaan kita terhadap diri kita sendiri.

Adapun tips-tips bagaimana untuk meningkatkan rasa percaya diri antara lain sebagai berikut : 
  1.       Atur Pola Pikir yang Benar
Hal yang paling dasar adalah mengatur pola pikir kita agar selalu berpikir positif dan tidak berpikir negatif. Percayalah bahwa diri anda lebih baik dari yang anda pikirkan. Pikirkan bahwa anda adalah pilihan yang telah di lahirkan di muka bumi. Anda adalah yang terpilih dari jutaan sel sperma mengapa anda menganggap diri anda tidaklah baik seperti yang lain. So jika anda merasa tidak percaya diri katakanlah pada diri anda bahwa sejak lahir saya sudah mengalahkan jutaan yang lainnya kenapa saya harus takut gagal atau takut melakukan sesuatu yang saya inginkan.

  2.       Selalu Berpikir Positif
Berpikirlah positif maka hal-hal positif akan datang kepada anda begitu pula sebaliknya berpikirlah negatif maka hal-hal negatif yang akan anda dapatkan. Itulah konsep sederhana dari hokum ketertarikan atau biasa disebut “The Law Of Attention”. Jadi jika anda berpikir bisa melakukannya maka anda pasti akan bisa melakukan dan sebaliknya jika anda berpikir tidak bisa melakukan sesuatu maka disitulah awal bahwa anda akan gagal.

  3.       Syukuri Apa Yang Telah Dimiliki
Kenikmatan yang paling besar menurut saya adalah kesyukuran itu sendiri. Karena semakin kita bersyukur atas apa yang kita miliki maka kenikmatan yang kita miliki akan ditambahkan.  Terus apa hubungannya dengan percaya diri ?. Jika kita bersyukur, itu adalah tanda bahwa kita mengakui apa-apa yang ada pada diri kita. Orang-orang yang tidak bersyukur selalu merasa tidak memiliki sesuatu dalam diri mereka sehingga mereka cenderung tidak percaya akan diri mereka sendiri. Maka dari itu syukurilah apa yang anda miliki sekarang niscaya anda akan merasa apa yang anda miliki sebenarnya telah berlimpah dan nantinya akan membuat anda semakin percaya diri.

  4.       Jangan Selalu Menyalahkan Diri Sendiri
Hal yang melemahkan kepercayaan diri adalah selalu menyalah diri sendiri. Orang yang selalu menyalahkan diri sendiri semakin lama akan mengikis kenyakinan bahwa dirinya mampu melakukan hal dengan baik. Dia selalu berpikir bahwa apa-apa yang dia lakukan tidak pernah berhasil sehingga dia takut untuk mencoba melakukan hal-hal lain yang ingin dia lakukan.
Ketika meghadapi kegagalan berpikirlah itu adalah cara TUHAN memperkenalkan kekurangan diri saat ini sehingga kita bisa menutupi kekurangan itu kali berikutnya. Sehingga semakin lama diri kita semakin berkembang dengan kekurang-kekurangan yang telah kita tutupi atau bahkan kita siasati menjadi kelebihan-kelebihan.

  5.       Jadilah Diri Sendiri
Sebagaimana yang sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa anda adalah yang terpilih dari sekian juta yang lain. itu berarti anda memiliki keunggulan-keunggulan yang tentunya tidak di miliki yang lainnya. Keunggulan itulah yang harus anda ketahui dan implementasikan dalam keseharian anda bukan malah sibuk memperhatikan keunggulan yang dimiliki orang lain. Yakinlah diri anda itu unik dan tampillah sesuai citra dari diri anda itu.

  6.       Jangan Berusaha Untuk Menjadi Sempurna
Terkadang kita terlalu mengejar untuk menjadi yang sempurna baik dari segi penampilan, perbuatan atau sempurna hal-hal lain yang kita miliki. Padahal kesempurnaan hanya milik TUHAN. Semakin kita ingin menjadi sempurna maka akan membuat kita semakin depresi/stres memikirkan hal-hal yang tidak bisa kita miliki atau capai sebagai bentuk dari kesempurnaan yang kita bayangkan.

0 comments:

Post a Comment

Komen anda adalah motivasi buat saya

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More