Pages

Tuesday 15 April 2014

Cara Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis




             Sebagai seorang siswa terutama seorang mahasiswa adalah hal lumrah baginya apabila mendapatkan tugas dari guru ataupun dosen untuk membuat suatu karya tulis. Iya, karya tulis ilmiah seperti laporan, makalah,  atau bahkan skripsi dan lain-lain sering membuat kantung mata hitam karena begadang hanya untuk menyelesaikannya. Dalam menulis sebuah karya tulis tentu kita telah mengenal yang namanya Daftar Isi.


Daftar isi merupakan merupakan bagian pelengkap pendahuluan dalam penulisan sebuah karya tulis ilmiah seperti makalah, laporan penelitian, skripsi dan lain-lain. Dalam pembuatannya kita sering direpotkan karena harus mencocokkan halaman dari tema-tema atau bagian-bagian dan sub-subbagian dengan penomoran halaman yang terdapat pada daftar isi. Terkadang kita harus mengedit kembali jika terjadi perubahan pada halaman-halaman yang berisi subbagian.

Beruntungnya kita yang hidup ditengah perkembangan teknologi yang begitu pesat seperti sekarang ini. Hal itu tidak lah lagi menjadi persoalan besar lagi. Microsoft Office dengan program Microsoft Wordnya memberikan kemudahan bagi kita dalam pengolahan Daftar Isi tersebut. Daftar Isi yang akan tercetak secara otomatis dan teratur sesuai dengan halaman-halaman bagian yang ada. Nah bagaimana cara menggunakannya ??.
Simak langkah-langkah berikut ini

   1.      Buatlah Bagian pada karya tulis dengan menggunakan Heading1 dan subBagian dengan Heading2, dan bagian dari subbagian dengan Heading3 dan seterusnya. Misalnya
BAB I PENDAHULUAN dengan menggunakan Heading1,
A.    LATAR BELAKANG dengan menggunakan Heading2.
Jika LATAR BELAKANG memiliki bagian-bagian lagi maka pakailah Heading3. Namun dalam biasanya tidak.
B.     RUMUSAN MASALAH dengan Heading2. Dan seterusnya.
*catatan : gunakan untuk setiap bagian dan subbagian dari karya tulis anda.
2.      Jika tulisan pada Heading1,2 dan 3 tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Kita dapat merubahnya dengan mengklik kanan pada Heading1,2 atau 3 >> Pilih Modify…>> aturlah jenis, ukuran, warna, perataan huruf sesuai yang anda inginkan.

    3.      Setelah setiap bagian dan subbagian telah menggunakan Heading 1,2 ataupun 3 maka langkah selanjutnya adalah mengklik References >> Klik Table of Contents >> Pilih Insert Table of Contents

  4.      Klik Update Table dan Pilih Update page numbers only untuk mengubah jika terjadi perubahan pada halaman dari bagian atau subbagian. Dan Pilih Update entire table untuk mengubah judul bagian dan halaman dari judul bagian.
  
Sebenarnya cara ini digunakan untuk membuat daftar tabel otomatis namun tidaklah salah jika kita membuat daftar isi menggunakan cara tersebut. Untuk cara membuat daftar akan saya bahas di posting selanjutnya.. OK Selamat Mencoba..

0 comments:

Post a Comment

Komen anda adalah motivasi buat saya

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More